Tata Cara Pelaksanaan Perjalanan Bisnis
1. In House Travelling Department ( Devisi Perjalanan )
yaitu devisi / bagian di perusahaan yang khusus menangani perjalanan bisnis pada suatu perusahaan dan bertanggung jawab mulai dari persiapan dokumen, mengurus tiket dan hotel di mana pimpinan akan menginap, serta mengurus keuangan / pembiayaan selama perjalanan bisnis.
2. Travel Bureau ( Biro Perjalanan )
Sebagian perusahaan menggunakan jasa biro perjalanan untuk mempersiapkan perjalanan bisnis pimpinan, karena lebih praktis dan tidak merepotkan perusahaan.
3. Administrasi Kantor / Sekretaris
Apabila pimpinan meminta sekretaris sendiri yang mempersiapkan perjalanan bisnisnya, maka sekretaris harus segera mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan perjalanan bisnis pimpinannya, seperti mempersiapkan semua dokumen yang dibutuhkan, mengurus visa, paspor, tiket, hotel yang disukai pimpinan.